Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai Sesuatu (Ataukah, Kita Memang Selalu Terlambat? Jadi Jangan Dijadikan Pikiran!)


Oleh : Brian Arfi
(http://fauzan.dhezign.com/190/bisnis/tidak-ada-kata-terlambat-untuk-memulai-sesuatu-ataukah-kita-memang-selalu-terlambat-jadi-jangan-dijadikan-pikiran/)

Pernahkah anda memiliki sebuah ide bisnis tapi kemudian orang lain menjalankannya lebih dulu? Pernahkah anda berencana membuka warung kecil di depan rumah anda tapi tetangga anda ternyata mendahului anda? Pernahkah anda ingin menulis buku tentang sebuah topik dan ternyata ada orang lain yang menuliskannya terlebih dahulu? Pernahkah anda ingin mendaftarkan sebuah nama domain tapi orang lain mendahului anda?

Sadar atau tidak sadar, setiap hari, setiap waktu, di suatu tempat, orang lain akan selalu mendahului kita. Pepatah yang mengatakan, “tidak ada kata terlambat dalam memulai sesuatu” tidak mungkin perlu dievaluasi ulang. Karena kenyataannya kita selalu terlambat dalam melakukan sesuatu…mmm… mungkin tidak selalu sih, tapi pasti lebih sering terlambat dibandingkan tidak kan?

Selalu ada yang mendahului kita dalam mendapatkan klien tertentu, memenangkan tender tertentu, menciptakan produk tertentu, memenangkan kontes tertentu, dan lain sebagainya. Lalu apa yang harus kita lakukan? Diam saja?

Sadar dong…

Dengan menyadari bahwa kita selalu terlambat kita dapat menyesuaikan perspektif dan cara berpikir kita. Daripada terus terusan mengkhawatirkan kita jadi yang pertama atau bukan, sudah ada yang melakukannya atau belum, dan apakah kita terlambat atau tidak, lebih baik kita melakukan saja apa yang sudah kita rencanakan.

Jika ternyata ada orang lain yang menciptakan produk tertentu (yang ingin kita buat), justru BAGUS! Karena kita bisa mempelajarinya dan membuat produk lain yang jauh lebih baik. Jika tender tertentu sudah dimenangkan orang lain, itu juga HEBAT! Karena (jika anda melakukannya dengan benar) pesaing anda bisa jadi salah satu aset berharga untuk anda. Apapun yang anda lakukan, tidak ada gunanya mengkhawatirkan apakah sudah ada yang menjalankan apa yang ingin anda lakukan atau belum. BERTINDAKLAH sekarang, dan buktikan bahwa pembalap yang ada pada posisi pertama pada putaran-putaran awal belum tentu menjadi pemenang sebuah balapan ;)

Ingat, satu-satunya hal yang lebih buruk daripada terlambat memulai sesuatu adalah…tidak memulai apapun.

Semoga bermanfaat

0 Response to Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai Sesuatu (Ataukah, Kita Memang Selalu Terlambat? Jadi Jangan Dijadikan Pikiran!)

Posting Komentar